Arung Jeram di Musim Hujan Tetap Aman di Sungai Palayangan, Pangalengan

Pada saat musim hujan kegitan arung jeram atau dengan nma lainnya adalah rafting mungkin berpotensi berbahaya untuk dilakoni oleh para wisatawan. Hal ini krena debit air di sungai tersebut akan bertambah, dan juga kecepatan arusny akan meningkat. Namun anda jangan khawatir lagi, ada beberapa lokasi yang bisa tetap anda gunakan untuk melakukan kegiatan arung jeram dengan seru.

Namun sebelumnya anda harus mengetahui beberapa tips yang bisa anda jadikan acuan untuk memilih lokasi arung jeram saat musim hujan. Tips nya yaitu carilah sungai yang memiliki pintu air, sehingga debit air tersebut ketika musim hujan bisa diatur.

Salah satu tempat dengan kriteria diatas yang bisa anda datagi untuk tetap bisa berarung jeram ria saat musim hujan adalah sungai Palayangan di situ Cileunca, Pangalengan Kabupaten Bandung. Air yag mengalir di sungai Palayagan ini berasal dari situ Cileunca yang memiliki pengaturan pintu air untuk mengatur debit air dan kecepatan arus.

rafting pangalengan menapai lokasi Situ Cileunca ini anda bisa keluar melalui tol Sorean-Pasir Koja (tol saroja) dan menuju lokasi sit ileunca yang dapat ditempuh sekitar 1 jam. Setelah di lokasi anda bisa memilih beberapa paket wisata yang sudah disediakan disana atau anda juga bisa reservasi sebelumnya melalui beberapa media sosial. Untuk harga normal melakukan kegiatan arung jeram ini biasanya dikenakan biaya sebesar 150.000 per orang.

Sebelm pengarungan sungai dimulai, biasanya anda akan diberikan arahan oleh pemadu yang sudah disediakan dan sudah termasuk fasilitas dari paket yang sudah anda pesan. Anda juga akan diberikan catatan aba-aba yang akan digunakan selama mengarungi sungai.

Sungai Palayangan juga terenal memiliki jeram yang cukup curam, yaitu jeram sidomba. Saat melewati jeram terutama jeram sidomba jangan lupa anda harus berpegngan erat ke tambang yang terdapat di sisi perahu.
Panjang lintasan arung jeram anda yaitu sekitar 5 km, dan biasanya akan ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam. Namun jangan khawatir, selama mengarungi sungai, anda tetap bisa menikmati keindahan alam Pangalengan yang mempesona. Anda akan disuguhkan dengan pemandangan hutan pinus dan hamparan perkebunan teh yang akan menambah nuansa sejuk dan menciptakan keseruan selama melakukan kegiatan arung jeram.

Sebelum sampai di tempat terakhir pelayaraan, anda akan diajak berfoto ria di debit air yang tenang, dan perahu akan diberhentikan sejenak agar para wisatawan bisa menikmati keindahan alam di sekitar dan dapat juga berfoto ria, atau membeli jajanan seperti cilok, cuanki, bakso dan makanan khas lokal lainnya yang akan menunggu anda di pingir sungai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *